wdcfawqafwef

Peringatan!! Untuk Keamanan Selalu Gunakan Web Browser Google Chrome

Penyebab Kuota Internet Smartfren Cepat Habis

Penyebab Kuota Internet Smartfren Cepat Habis – Satu-satunya operator CDMA yang masih bertahan saat ini di Indonesia Smartfren termasuk cukup tangguh karena masih memiliki jutaan pengguna yang masih setia menggunakan jaringan Smartfren. Kebanyakan dari mereka berfokus menggunakan layanan paket data internet baik paket data volume based maupun paket data unlimited Smartfren. Ini karena tarif atau biaya paket data Smartfren cukup kompetitif dan relatif lebih murah dibandingkan operator pesaing lainnya.

Namun seperti halnya dengan pengguna paket internet pada umumnya dimana saat ini penggunaan kuota semakin meningkat juga berdampak langsung terhadap cepatnya masa pemakaian paket data internet Smartfren.

Penyebab Kuota Internet Smartfren Cepat Habis
Penyebab Kuota Internet Smartfren Cepat Habis

Terkadang tanpa disadari paket data yang baru saja dibeli terasa cepat sekali habis atau bahkan telah memasuki masa FUP bagi pengguna paket data internet unlimited Smartfren padahal baru saja digunakan.

Berikut ini beberapa penyebab kuota internet Smartfren cepat habis.

Update sistem operasi
Sebagai contoh sistem operasi pada komputer seperti Windows atau iMac biasanya melakukan update secara berkala dan itu berlangsung di bagian background menggunakan akses internet secara otomatis apabila tidak kita seting secara manual. Sehingga tanpa disadari paket kuota internet Smartfren akan disedot sehingga cepat habis.

Selain penggunaan pada komputer para user smartphone Android juga iPhone juga sering mengalami kehabisan kuota internet Smartfren karena update sistem operasi maupun aplikasi yang ada di dalamnya secara otomatis. Jadi sebaiknya setting update aplikasi dan sistem operasi secara manual juga akan lebih baik apabila Anda menggunakan jaringan wifi daripada data seluler.

Streaming video
Meskipun saat ini beberapa layanan streaming video salah satu yang terkenal adalah YouTube telah menyediakan jenis tampilan video khusus untuk mobile user sehingga bisa menghemat penggunaan kuota data internet. Namun tetap saja aktivitas streaming video membutuhkan kuota jauh lebih banyak dibandingkan dengan sekadar browsing website maupun jejaring sosial.

Jadi ini adalah salah satu penyebab kuota internet Smartfren menjadi cepat habis.

Aktivitas video call
Jika streaming video mengkonsumsi kuota internet lebih banyak dibanding browsing teks di website maka aktifitas video call bisa saja menyedot lebih banyak kuota internet Smartfren dibandingkan dengan video streaming. Apalagi kualitas kamera webcam yang digunakan memiliki resolusi high definition, ditambah fasilitas voice di tingkat paling jernih. Kita contohkan saja beberapa layanan video call populer seperti Skype dan Yahoo Messenger video call merupakan aktivitas yang boros kuota internet.

Streaming radio
Jika dibandingkan dengan aktivitas streaming video streaming radio berada di bawahnya untuk penggunaan kuota internet namun jumlahnya juga cukup banyakkrata rata-rata dalam 3 menit bisa sampai 2 MB untuk kualitas suara terbaik.

Penggunaan aplikasi online
Ada baiknya sebelum melakukan instalasi sebuah aplikasi pelajari terlebih dahulu jenis aplikasi tersebut apakah membutuhkan akses jaringan internet secara terus menerus atau hanya berkala. Seperti contohnya aplikasi pengenalan cuaca dimana secara otomatis dia akan menggunakan kuota internet dalam menentukan keadaan cuaca maupun suhu di lingkungan sekitar melalui data yang ada di server.

Jika memang aplikasi ini tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya di nonaktifkan atau bisa di uninstall agar kuota internet Smartfren tidak cepat habis.

Upload foto maupun video
Internet bukan hanya tempat untuk mencari informasi tetapi juga tempat untuk berbagi baik untuk penderita maupun foto termasuk video. Saat kita upload video penggunaan kuota internet Smartfren jumlahnya akan lebih besar dibandingkan dengan ukuran video yang kita upload. Karena aktifitas upload foto maupun video tetap membutuhkan feedback [PING] dari server tempat kita mengunggah foto atau video tersebut.

Mengakses halaman website
Jenis halaman website yang bisa menyebabkan kuota internet Smartfren cepat habis adalah yang memiliki konten multimedia seperti foto dan video begitu banyak. Jadi tentu saja halaman website tersebut menjadi sangat berat untuk dimuat agar bisa ditampilkan dan itu juga berarti membutuhkan lebih banyak kuota internet. Contohnya saja satu buah gambar berukuran 500 KB apabila terdapat 10 buah gambar dalam satu halaman itu berarti berat nya sudah mencapai 5 MB. Itu baru konten picture saja belum lagi konten lainnya.

Jadi itulah beberapa penyebab kuota internet Smartfren cepat habis dimana secara langsung berdampak pada pemborosan pengeluaran. Semoga postingan ini bisa dijadikan referensi agar kita bisa lebih menghemat penggunaan kuota internet Smartfren maupun operator lain.